bisnis

8 Ciri Khas Design Interior Rumah Minimalis

design interior rumah minimalis

Desain interior termasuk poin terpenting dalam membangun sebuah rumah. Jika menginginkan rumah yang nyaman, maka Anda harus mendesain interior rumah dengan baik. Salah satu gaya desain interior yang sedang digandrungi saat ini adalah desain minimalis. Design interior rumah minimalis memang memiliki kelebihan seperti bersih, rapi, dan bernilai fungsi. Cocok sekali dengan generasi milenial dan generasi Z.

Apabila Anda sedang mencari desain interior yang bagu, desain minimalis mungkin bisa dipertimbangkan. Namun sebelum itu, ketahui ciri khasnya terlebih dahulu agar bisa mempertimbangkan dengan baik:

Minim Dekorasi

Beberapa orang menganggap bahwa interior minimalis membosankan karena minim dekorasi. Namun hal tersebut malah menjadi keunggulannya. Karena tidak terlalu banyak dekorasi, rumah minimalis akan lebih bersih, teratur, luas, dan nyaman. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada dekorasi sama sekali. Tetap ada namun tidak berlebihan, contohnya yaitu tanaman hias atau lukisan monokrom.

design interior rumah minimalis
design interior rumah minimalis

Sirkulasi Udara Optimal

Sirkulasi udara rumah minimalis dibuat seoptimal mungkin. Jadi Anda jangan heran apabila jendelanya besar-besar dengan kaca yang tinggi. Biasanya jendela dengan kaca besar ada pada ruangan seperti kamar tamu. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang menerapkannya pada kamar mandi atau kamar tidur.

Lampu Terang

Rumah minimalis memanfaatkan pencahayaan alami di siang hari. Karena jendelanya lebar, sinar matahari akan masuk dengan sempurna ke dalam rumah. Sedangkan pada malam hari, Anda harus menyiapkan lampu yang terang. Lampu tersebut harus mampu membuat terang seluruh sudut rumah.

Furniture Simple dan Multifungsi

Ciri khas utama dari design interior rumah minimalis adalah furniture yang simple dan juga multifungsi. Furniture yang tidak memiliki fungsi apapun di rumah harus segera disingkirkan. Hanya ada furniture yang memberikan fungsi optimal pada setiap ruangan rumah. Dengan furniture yang tidak berlebihan, rumah akan terlihat jauh lebih bersih dan rapi.

Kombinasi Warna Monokrom

Warna dominan yang digunakan oleh interior rumah minimalis adalah warna monokrom. Warna tersebut diterapkan pada dinding ruangan. Beberapa contoh warna monokrom yaitu hitam putih, abu putih, atau coklat putih. Warna lain harus disesuaikan dengan warna monokrom tersebut.

Pemanfaat Ruangan Efektif

Semua ruangan yang ada di rumah harus dimanfaatkan seefektif mungkin. Sebagai contoh kamar tidur bisa digunakan bersamaan dengan kamar belajar untuk anak-anak. Namun penataannya harus tetap minim dekorasi.

Menggunakan Banyak Cermin

Anda akan menemukan banyak cermin jika berkunjung ke rumah minimalis. Bukan hanya sebagai dekorasi saja, cermin ini bisa memberikan efek luas pada rumah yang tidak terlalu besar. Biasanya bentuk kaca cermin yang digunakan bulat sehingga terlihat estetik.

Desain Ruang Terbuka

Desain ruang terbuka tanpa sekat juga menjadi ciri khas interior minimalis. Tujuannya sama seperti yang lainnya membuat ruangan tampak lebih lapang. Biasanya ruangan terbuka tersebut adalah ruang makan yang menyatu dengan daput, ruang tamu dekat taman indoor, dan lain sebagainya. Sebenarnya Anda bisa menggunakan sekat namun sebaiknya gunakan sekat portable bukan tembok permanen.

Itulah ciri khas design interior rumah minimalis yang perlu Anda pahami sebelum menerapkannya. Apabila belum berpengalaman mendesain interior sendiri, sebaiknya Anda menggunakan jasa vendor desain interior. Mereka akan membantu Anda menerjemahkan keinginan menjadi desain yang sesuai. Vendor desainer interior yang kredibel bisa Anda dapatkan di Master Rumah. Pada platform tersebut terdapat fitur Cari Vendor yang bisa digunakan untuk mendapatkan vendor yang tepat. Website Master Rumah yang dapat Anda kunjungi yaitu www.masterumah.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *