bisnis

7 Ciri Khas Desain Ruang Tamu Bergaya Bohemian

desain ruang tamu

Ruang tamu adalah ruangan pertama yang akan dilihat oleh para tamu ketika berkunjung ke rumah Anda. Kesan yang ditampilkan dari rumah Anda akan terlihat dari desain ruang tamu yang dipilih. Salah satu desain interior yang saat ini sedang tren, terutama di kalangan milenial adalah desain bohemian. Memang belum sepopuler desain minimalis atau modern, namun desain ini layak untuk dipertimbangkan. 

Desain bohemian sendiri terinspirasi dari kehidupan yang bebas dan tidak tetap. Oleh sebab itu, Anda bisa melihat ketidakteraturan dan ketidakpastian pada desain ini. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa ciri khas desain bohemian yang perlu Anda ketahui:

desain ruang tamu
desain ruang tamu

Menggunakan Furniture Vintage

Furniture vintage merupakan furniture yang memiliki kesan lawas atau zaman dulu. Bukan hanya pada desain interior bergaya vintage saja, furniture vintage juga bisa Anda temukan pada desain interior bergaya bohemian. Selain itu, desain ini biasanya juga menggabungkan gaya vintage dan etnik sehingga terasa lebih unik.

Menggunakan Kain Motif Pola

Bahan kain akan sangat dominan pada desain ruang tamu bohemian ini. Namun bukan semua kain, biasanya kain yang digunakan adalah kain dengan motif yang berpola. Kain tersebut bisa diaplikasikan pada gorden, bantal, karpet, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Warna yang digunakan kontras sehingga menampilkan keunikan dari desain bohemian ini.

Tidak Ada Aturan Warna atau Lainnya

Berbeda dengan gaya minimalis dan modern yang identik dengan warna netral, desain satu ini tidak memiliki aturan warna. Jadi Anda bisa dengan bebas mengaplikasikan warna apapun pada ruang tamu. Jika ingin mengaplikasikan banyak warna pada dekorasi ruangan, Anda bisa memilih warna netral. Namun jika ingin menampilkan kesan alami, Anda bisa memilih warna-warna yang lebih natural.

Jauh dari Kesan Mewah

Jika menginginkan ruang tamu yang megah dan mewah, maka Anda harus melupakan desain bohemian ini. Pasalnya desain ini sama sekali tidak menampilkan kesan mewah, sebaliknya malah jauh dari kesan tersebut. Poin utama dari bohemian adalah ketidakteraturan, messy, dan tidak megah. Meskipun begitu Anda tidak boleh sembarangan meletakkan barang hingga berserakan. Semua tetap diatur seindah dan se-estetik mungkin.

Menggunakan Dekorasi DIY (Do It Yourself)

DIY atau Do It Yourself merupakan istilah yang diberikan pada barang-barang yang dibuat sendiri. Desain bohemian sangat identik dengan penggunaan barang buatan sendiri. Anda bisa memasang barang yang terbuat dari botol bekas, kardus, kaleng, dan lain sebagainya dengan bebas. Hal ini sedikit banyak juga bisa meningkatkan kreativitas dan menyalurkannya secara langsung.

Komposisi Dinding Terasa Penuh

Ciri khas desain bohemian selanjutnya yaitu komposisi dinding dari ruang tamu Anda terasa penuh. Anda boleh memajang berbagai macam dekorasi seperti foto, lukisan, dreamcatcher, atau pajangan unik lainnya. Karena pajangan dinding tersebut, ruang tamu terlihat lebih artistik.

Pencahayaan Alami dan Buatan

Desain bohemian bisa menonjolkan dua jenis pencahayaan yaitu pencahayaan alami dan buatan. Pencahayaan alami melalui dinding kaca, jendela besar, atau skylight. Sedangkan pencahayaan buatan melalui lampu kandil dan lentera yang unik.

Itulah beberapa ciri khas desain ruang tamu bergaya bohemian yang perlu Anda ketahui. Desain yang unik dan menarik dianggap cocok untuk Anda yang memiliki selera seni tinggi. Jika ingin mendapatkan inspirasi lainnya mengenai desain bohemian, Anda bisa mencarinya di Masterumah.id. Di platform tersebut, Anda bisa berbagi dengan pengguna lain atau bertanya secara langsung pada para Master. Ayo segera daftarkan diri menjadi memberi pada website resmi Masterumah.id yaitu www.masterumah.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *