Fashion umum

Cara Membedakan Liontin Berlian Asli dan Palsu

liontin berlian asli

Kalung merupakan salah satu fashion item yang cukup menarik hati para wanita untuk memilikinya. Hal ini dipengaruhi oleh benda cantik menggantung yang bernama liontin. Umumnya, kalung berbahan dasar logam mulia memiliki liontin berlian. Namun, kini beredar liontin berlian palsu di pasaran. oleh karena itu, yuk simak tips memilih liontin berlian asli berikut ini. 

Bagaimana cara membedakan liontin berlian asli dengan palsu?

seperti halnya berlian pada cincin, liontin merupakan mata yang menghiasi sebuah kalung. Bentuk dari liontin sendiri sangat beragam, ada yang bulat, oval, hingga segi empat. Ada juga liontin yang memiliki bentuk rumit seperti hati atau karakter tersendiri. 

Nah, membahas soal liontin, ternyata banyak beredar liontin dengan berlian palsu. Maka, apakah kamu yakin bila liontin yang kamu miliki memiliki berlian asli? Nah, berikut tips membedakan berlian asli dan palsu:

liontin berlian asli
liontin berlian asli

Menguji hembusan nafas

Cara pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan menguji hembusan nafas. Caranya yaitu dekatkan liontin berlian pada mulut, kemudian hembuskan nafasmu ke seluruh permukaan berlian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan suhu pada batu mulia tersebut. 

Bila berlian tersebut asli, maka berlian tersebut akan mengeluarkan kembali panas dari nafasmu. Benda tersebut tidak akan mengeluarkan kabut seperti kaca yang terkena hembusan nafas di atasnya. 

Menguji dengan kaca pembesar

Terdapat kaca pembesar yang digunakan khusus untuk mengecek keaslian berlian. Setiap batu permata yang asli memiliki cacat atau inklusi yang terbentuk secara alami. Namun bila batu permata terlihat begitu mulus saat sudah dicek dengan kaca pembesar, keasliannya perlu dipertanyakan. 

Batu berlian yang asli dan bagus memiliki nilai inklusi yang stabil, tidak terlalu banyak retakan dan tidak terlalu mulus.

Menguji dengan menggoreskan 

Cara pengujian keaslian selanjutnya yaitu dengan cara menggoreskan batu berlian pada permukaan kaca. Bila batu berlian mengalami gores atau kerusakan, kemungkinan berlian tersebut sangat rendah kualitasnya, bahkan palsu. Namun bila berlian asli, benda tersebut tidak akan tergores. Malah seharusnya kaca yang tergores karena batu berlian lebih keras. 

Menguji batu berlian dengan kertas Koran

Cara selanjutnya yaitu cara yang sederhana dan mudah dilakukan dimana saja. Tempatkan batu berlian yang kamu miliki di atas koran. Lalu, cobalah untuk membaca tulisan yang ada pada koran tersebut. jika kamu bisa dengan jelas membaca tulisan tersebut, kemungkinan berlian yang kamu miliki palsu. Sebaliknya, jika tulisan tersebut tidak jelas, berlian yang kamu miliki asli. Karena sejatinya berlian asli memiliki bias cahaya sehingga tidak memungkinkan tulisannya terbaca. 

Apa keunggulan liontin? 

Perhiasan sering kali digunakan sebagai penanda status sosial yang sedang dimiliki. Apalagi jika kamu menggunakan kalung berliontin dari berlian asli yang harganya lebih mahal dari pada liontin tanpa berlian. 

Penggunaan liontin berkelas dalam acara pertemuan akan membuat kamu dijadikan sebagai tolak ukur sosial oleh kerabat atau teman kamu. Selain itu, penggunaan liontin ini juga bisa digunakan untuk mempermanis tampilan kamu. Kamu akan terlihat lebih cantik, elegan, anggun, juga glamour. 

Liontin dengan aksen berlian dapat kamu kenakan pada acara formal seperti acara pesta pernikahan, pertemuan dengan rekan bisnis, juga acara non formal seperti acara keluarga ataupun hangout bersama sahabat. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki kalung berliontin simpel yaitu cocok untuk digunakan dengan berbagai jenis outfit kamu. 

Nah, itulah beberapa tips mengenai cara membedakan liontin berlian asli dengan palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *