umum

Alasan Utama Bunga Deposito Harus Menjadi Portofolio Investasi Anda

bunga deposito

Di Indonesia di mana orang lebih suka menabung, deposito tetap dianggap sebagai salah satu cara investasi teraman untuk waktu yang lama. Alasan memilih FD (Fixed Deposit atau Deposito Tetap) sebagai instrumen investasi adalah jaminan memberikan pengembalian. Namun, karena penurunan suku bunga deposito tetap dan peningkatan kesadaran sehari-hari terhadap instrumen investasi lainnya, ekuitas adalah pilihan yang lebih baik untuk menginvestasikan uang Anda dalam jangka panjang.

Sebagian besar investor generasi baru memilih untuk berinvestasi pada produk yang terkait dengan pasar seperti reksa dana. Meskipun merupakan langkah yang bagus, namun bukan berarti Deposito Tetap tidak dapat atau tidak boleh menjadi bagian dari portofolio investasi Anda. FD adalah tambahan yang bagus untuk portofolio investasi Anda dan di sini kami membahas alasannya.

Alasan Utama Berinvestasi dalam Deposito Tetap

bunga deposito
bunga deposito
  1. Deposito Tetap Membantu Mengurangi Resiko Portofolio Anda

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan kekayaan adalah alokasi aset. Ada berbagai kelas aset seperti ekuitas, emas, deposito, dll, dan semua ini memainkan peran yang berbeda dalam portofolio investasi Anda. Di satu sisi, di mana reksa dana memberikan potensi pertumbuhan uang Anda dalam jangka panjang, di sisi lain, opsi pendapatan tetap seperti Deposito Tetap membawa stabilitas pada portofolio Anda karena menawarkan pengembalian yang terjamin.

Jika portofolio investasi Anda memiliki diversifikasi yang tepat di berbagai kelas aset yang berbeda, termasuk FD, ini memastikan bahwa dalam pengembalian investasi Anda dijaga agar tetap minimum dan Anda mendapatkan pengalaman investasi yang bebas tekanan.

  1. FD adalah Metode Investasi Terbaik untuk Tujuan yang Tidak Bisa Ditunggu

Deposito Tetap memastikan pengembalian yang dijamin pada saat jatuh tempo. Oleh karena itu, jika Anda memiliki beberapa tujuan keuangan yang mungkin tidak menunggu dan untuk mencapainya Anda memerlukan jumlah tertentu dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka Anda harus memasukkan deposito tetap dalam portofolio investasi Anda.

Dalam hal ini, Anda tahu persis jumlah yang Anda butuhkan setelah masa jabatan tetap. Nah, dalam hal ini, deposito tetap adalah pilihan investasi terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, dengan melihat tingkat bunga deposito dan tenornya, Anda dapat menyetor uang Anda. Dengan cara ini, Anda akan dapat memenuhi tujuan Anda dalam masa kontrak yang Anda inginkan.

  1. Fleksibilitas Penarikan Dana

Jika Anda sedang berada dalam keadaan darurat terkait keuangan, Anda dapat dengan mudah menarik deposito tetap Anda sebelum masa kontraknya berakhir. Dalam hal ini, Anda mungkin harus membayar denda tertentu, tetapi penarikan sebelum jatuh tempo atau penarikan prematur itu sederhana saja. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang Anda pada saat dibutuhkan atau jika terjadi krisis keuangan. FD adalah salah satu investasi yang aman dan dengan fleksibilitas itu juga memberikan pengembalian yang menarik.

  1. Cara yang Baik untuk Memenuhi Tujuan Jangka Pendek Anda

Tujuan keuangan yang ingin Anda capai dalam satu sampai tiga tahun investasi Anda dianggap sebagai tujuan jangka pendek. Tujuan utama dari tujuan ini adalah untuk mempertahankan jumlah pokok dan juga mendapatkan sedikit bunga pada saat yang sama. Oleh karena itu, FD dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi tujuan investasi semacam itu.

Sudah jelas bagi Anda sekarang bahwa FD dapat menjadi pilihan yang baik untuk portofolio investasi Anda. Namun, Anda harus ingat bahwa bunga deposito tetap atau berjangka adalah yang terbaik untuk tujuan jangka pendek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *