Uncategorized

Perbedaan Engagement Ring dan Wedding Ring

wedding ring

Jika Anda mengenal seseorang yang pernah melamar atau pernah bertunangan, kemungkinan Anda cukup jelas tentang apa itu cincin pertunangan. Tetapi ketika giliran Anda tiba untuk menikah, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa sebenarnya ada perhiasan penting lain yang Anda perlukan: cincin kawin atau wedding ring

Perbedaan antara cincin pertunangan dengan cincin kawin mungkin tampak rumit pada awalnya. Tetapi setelah Anda mengetahui dasar-dasarnya, sebenarnya ini cukup sederhana. Disini, kami Miss Mondial & Mondial Jewellery menjelaskan perbedaan antara cincin pertunangan dan cincin kawin, artinya masing-masing, dan apakah Anda membutuhkan keduanya atau tidak.

Apakah Cincin Pertunangan dan Cincin Kawin Berbeda?

Jika Anda berdebat antara membeli cincin pertunangan atau cincin kawin, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda berdua benar-benar dibutuhkan. Dan mana yang harus Anda beli terlebih dahulu. Jawabannya adalah bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda, dan biasanya cincin pertunangan dibeli terlebih dahulu, Anda mungkin akan mendapatkan keduanya atau tidak. 

Itu semua tergantung pada preferensi dan hubungan pribadi Anda dengan pasangan. Meskipun sebagian besar pasangan memilih untuk mengikuti tradisi dengan mengenakan keduanya, tidak ada aturan yang menyatakan Anda harus melakukannya. Wanita paling sering memakai cincin pertunangan dan cincin kawin, terutama jika perhiasan itu dirancang sebagai satu set yang serasi.

wedding ring
wedding ring

Apa itu Cincin Pertunangan?

Cincin pertunangan adalah cincin yang dipertukarkan selama lamaran pernikahan. Ini secara tradisional diberikan oleh orang yang melamar, meskipun beberapa pasangan memutuskan bahwa mereka berdua akan memakai cincin pertunangan menjelang hari pernikahan. Dalam banyak budaya, cincin pertunangan  dikenakan di jari manis (di sebelah kelingking Anda) tangan kiri, tetapi merupakan kebiasaan bagi calon pengantin di beberapa negara Eropa untuk mengenakan cincin di tangan kanan. 

Secara historis, cincin pertunangan menggunakan berlian sebagai batu utamanya. Tradisi cincin pertunangan berlian dipopulerkan pada tahun 1940-an dan 50-an selama ekspansi ekonomi setelah Perang Dunia II, dengan bantuan dari kampanye pemasaran oleh perusahaan berlian terkenal De Beers masa itu. 

Menurut  sebuah studi, berlian masih menjadi pilihan utama untuk cincin pertunangan modern, dengan 87% pasangan memilih untuk menyertakan batu klasik. Namun batu permata warna-warni dan alternatif berlian, seperti morganite dan moissanite, juga sangat populer. Dan mereka bahkan berada di jalur populer untuk menjadi tren cincin pertunangan terbesar di tahun 2021. 

Apa itu Cincin Kawin? 

Sementara cincin pertunangan melambangkan bahwa Anda berkomitmen tetapi belum menikah, cincin kawin dipakai setelah Anda terikat secara resmi dalam pernikahan. Seperti cincin pertunangan, mereka dikenakan di jari manis tangan kiri di banyak negara, termasuk di Indonesia. Cincin kawin, yang juga biasa disebut wedding ring couple, biasanya dikenakan oleh kedua pasangan setelah upacara pernikahan. 

Cincin kawin bisa dibuat dari logam biasa, atau bisa juga termasuk berlian atau batu lain tergantung selera pribadi Anda. Beberapa perhiasan merancang cincin kawin dan cincin pertunangan yang serasi, yang disebut wedding set. Memadukan dan mencocokkan untuk membuat set cincin kawin Anda sendiri adalah pilihan lain, terutama jika Anda mencari sesuatu yang lebih unik.

Bisakah Anda Menggunakan Cincin Pertunangan Anda Sebagai Cincin Kawin Anda?

Tidak apa-apa hanya memakai satu cincin, bahkan setelah Anda menikah saja. Meskipun ada tradisi khusus seputar cincin pertunangan dan cincin kawin atau wedding ring, itu pada akhirnya tergantung pada pilihan Anda sendiri. Dan juga apa yang paling masuk akal bagi Anda.

Memilih salah satu dari cincin pertunangan atau cincin kawin dapat memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam hal gaya dan anggaran, dan ini paling masuk akal jika Anda tidak ingin mempermasalahkan dua perhiasan yang terpisah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *