Kesehatan

Cara Mengatasi Gatal Alergi dan Juga Pencegahannya

cara mengatasi gatal alergi

Beberapa ruam pada anak-anak akan hilang tanpa pengobatan, tetapi beberapa membutuhkan bantuan penyembuhan. Berikut adalah cara mengatasi gatal alergi atau beberapa jenis ruam yang umum dan kapan harus menghubungi dokter untuk kulit yang merah dan gatal.

Berbagai cara mengobati ruam atau gatal karena alergi dengan cara yang benar bergantung pada beberapa faktor: Bagaimana kondisi umum anak? Apakah anak Anda mengalami gejala atau tanda penyakit yang lain? Seberapa cepat ruam muncul? Apakah itu terdapat di satu area tubuh atau di seluruh tubuh? Seberapa besar ruam mengganggu anak Anda? Apakah anak Anda sedang dalam pengobatan? Apakah anak pernah terpapar makanan tertentu, sabun, atau produk kulit yang baru untuknya?

cara mengatasi gatal alergi
cara mengatasi gatal alergi

Secara umum, ini adalah cara mengatasi gatal alergi atau ruam yang umum:

  • Infeksi kulit karena bakteri harus diberi obat dengan menggunakan antiseptik topikal atau pengobatan antibakteri. Perawatan topikal pada umumnya cukup, tetapi antibiotik oral kadang kala tetap diperlukan. Jika ruam meluas atau menyebar, hubungi dokter anak Anda.
  • Berikan antihistamin oral untuk mengurangi rasa gatal dan ruam yang pastinya benar-benar mengganggu. Berikan antihistamin sebelum tidur karena obatnya sering membuat anak jadi mengantuk. Hindari krim antihistamin karena justru hal semacam ini dapat mengiritasi kulit yang alergi dan ruam menjadi semakin parah.
  • Mandi air dingin (tidak panas) dengan campuran oatmeal akan meredakan ruam yang gatal, dan, setelah anak Anda mandi, oleskan losion kalamin atau larutan soda kue pada bagian kulit yang terkena ruam. Untuk ruam gatal yang terlokalisasi, oleskan krim hidrokortison 1% jika ruam tersebut bukan akibat jamur, cacar air, atau infeksi bakteri.
  • Jika anak Anda baru saja mulai minum jenis obat yang baru dan mengalami ruam, segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Kapan Menghubungi Dokter karena Ruam

Selalu hubungi tenaga medis atau dokter segera jika anak Anda mengalami beberapa hal dibawah ini:

  • Demam tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau muntah selain mengalami ruam.
  • Memiliki ruam di dekat area mata atau hingga yang mempengaruhi mata.
  • Memiliki ruam yang terinfeksi oleh alergen tertentu dari bakteri atau jamur.
  • Baru saja makan makanan atau minum obat baru sebelum timbul ruam.
  • Menderita demam disertai bercak keunguan atau bintik merah kecil yang tidak pucat, yang mungkin merupakan tanda sepsis dan meningitis.
  • Memiliki ruam yang sangat merah dan sangat lembut saat disentuh, yang mungkin merupakan tanda selulitis.
  • Memiliki impetigo, yang biasanya merupakan infeksi bakteri sekunder pada kulit.
  • Apakah ruam tepat sasaran terkait dengan penyakit Lyme.
  • Memiliki gatal-gatal dengan pembengkakan wajah yang bersamaan dan kesulitan bernapas atau menelan, yang dapat mengindikasikan reaksi anafilaksis.
  • Memiliki ruam yang menetap selama lebih dari tiga hari, apa pun itu penyebabnya.

Bagaimana Mencegah Ruam?

Seperti yang sudah kita tahu sama-sama, bahwa mencegah adalah cara pengobatan yang terbaik. Jadi cara mengatasi gatal alergi yang terbaik adalah mencegahnya. Untuk mencegahnya, Anda bisa menghindari penggunaan zat yang kuat (sabun, deterjen, parfum) yang dapat mengiritasi kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap alergi dan ruam. Hindari membiarkan anak mengenakan pakaian ketat yang dapat mengiritasi kulit.

Dengan eksim, kulit kering menyebabkan gatal. Sering menggunakan krim pelembab dan minyak mandi akan melembutkan kulit. Potong pendek kuku anak Anda untuk mencegah luka garukan dan kerusakan kulit. Makanan tertentu dapat memperburuk eksim atopik pada anak-anak, jadi identifikasi dan hindari jika memungkinkan. Ganti popok sesering mungkin dan terapkan kebersihan umum yang baik untuk mencegah ruam karena popok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *