Uncategorized

7 Mata Kuliah yang Akan Anda Temui di Kuliah Film

kuliah film

Industri seni dan kreatif merupakan salah satu industri yang menarik untuk diikuti. Tidak heran jika kebanyakan milenial saat ini lebih memilih jurusan di industri kreatif dibandingkan jurusan lainnya. Salah satu jurusan yang saat ini juga mulai banyak diminati adalah jurusan perfilman. Minat masyarakat untuk kuliah film semakin meningkat seiring dengan berkembangnya dunia perfilman di Indonesia.

Saat memasuki jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai macam hal mengenai dunia perfilman. Jika memang tertarik untuk terjun ke dunia perfilman dan mengambil jurusan perfilman, ada baiknya Anda ketahui apa saja mata kuliah yang diajarkan. Langsung saja, berikut ini adalah berbagai mata kuliah yang akan Anda temui:

Producing

Ketika menempuh pendidikan di jurusan perfilman, Anda akan dikenalkan pada dasar-dasar produksi audio visual. Selain itu, Anda juga akan mempelajari workflow mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Dasar manajemen produksi juga menjadi hal yang tidak boleh dilupakan dalam mata kuliah producing.

kuliah film
kuliah film

Screenwriting

Screenwriting merupakan mata kuliah yang pasti ada di setiap jurusan perfilman. Jadi Anda yang masuk jurusan ini harus bersiap-siap menerima mata kuliah screenwriting. Hal utama yang akan diajarkan adalah cara menulis skenario yang benar. Anda juga akan diminta untuk membedah teori dasar Hero’s Journey, Dasar Pemetaan Cerita, Logline, Struktur tiga babak, Premis, dan lain sebagainya.

Cinematography

Cinematography merupakan aspek yang membuat film menjadi indah bagi penikmatnya. Saat kuliah film, Anda akan belajar mengenai cinematography seperti sejarah kamera film hingga digital serta tugas penata kamera atau sinematografer. Ada banyak teori dan praktik yang akan dipelajari seperti konsep visual, dasar penggunaan kamera video, membaca storyboard, dan membuat konsep visual berdasarkan script.

Sound Production

Mata kuliah selanjutnya yang harus Anda pelajari adalah sound production. Hal-hal yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini berkaitan dengan teori suara, metode merekam suara di lapangan, tipe mixer lapangan, dan praktik perekaman suara. 

Post Production

Post production mempelajari mengenai hal-hal yang dilakukan setelah pengambilan gambar di lapangan. Anda akan belajar tentang sejarah film editing, teori dan eksekusi Dimensi Editing, metode Montage, Editing Continuity, serta penggunaan software editing seperti Adobe Premiere Pro.

The Tools of Director

Pada mata kuliah The Tools of Director, Anda akan belajar mengenai peran seorang Sutradara serta metode-metode yang harus dipersiapkan. Beberapa metode yang harus dipersiapkan Sutradara yaitu pembuatan script breakdown, melakukan bedah storyboard, hingga mempersiapkan breakdown karakter. Intinya di sini Anda akan mempelajari bagaimana cara menjadi seorang Sutradara.

Film History

Sebagai mahasiswa film, tentu saja Anda harus mengetahui tentang sejarah film. Tidak hanya film nasional saja, Anda nanti juga akan belajar sejarah film dunia. Anda akan melihat era pembentukan industri film dan film yang sangat menarik. Tugas mahasiswa nantinya meneliti sejarah yang ada dari segi sosial, budaya, teknologi, hingga ekonomi industri.

Itulah 7 mata kuliah yang akan Anda temui apabila mengambil kuliah film. Di Indonesia memang tidak semua universitas menyediakan jurusan perfilman. Salah satu institusi pendidikan yang menawarkan jurusan ini adalah IDS atau International Design School. Tim pengajar yang profesional dari industri kreatif bisa membantu Anda mendapatkan pengalaman lebih. Melalui IDS, Anda juga berkesempatan untuk kuliah di luar negeri dengan biaya lebih terjangkau. Apakah Anda berminat menjadi mahasiswa IDS? Langsung daftarkan diri Anda sekarang juga melalui website idseducation.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *