umum

Dasar-dasar Perkembangan Sehat Anak

tumbuh kembang anak

Tahun-tahun awal kehidupan seorang anak sangat penting untuk kesehatan dan perkembangannya. Perkembangan yang sehat berarti bahwa anak-anak dengan segala kemampuan, termasuk mereka yang berkebutuhan perawatan kesehatan khusus, dapat tumbuh di mana kebutuhan sosial, emosional, dan pendidikannya terpenuhi. Memiliki rumah yang aman dan penuh kasih sayang dan menghabiskan waktu bersama keluarga ― bermain, bernyanyi, membaca, dan berbicara ― sangat penting. Nutrisi yang tepat, olahraga, dan tidur juga dapat membuat perbedaan besar.

Praktik Mengasuh Anak yang Efektif

Mengasuh anak memiliki berbagai bentuk. Namun, beberapa praktik pengasuhan yang positif berhasil dengan baik di berbagai keluarga dan dalam lingkungan yang berbeda ketika memberikan pengasuhan yang dibutuhkan anak-anak agar bahagia dan sehat, dan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebuah laporan baru-baru ini melihat bukti dalam publikasi ilmiah tentang apa yang berhasil, dan menemukan cara-cara kunci berikut agar orang tua dapat mendukung perkembangan sehat anak mereka:

tumbuh kembang anak
tumbuh kembang anak

Menanggapi anak-anak dengan cara yang bisa diprediksi

Menunjukkan kehangatan dan kepekaan

Memiliki rutinitas dan aturan rumah tangga

Berbagi buku dan berbicara dengan anak-anak

Mendukung kesehatan dan keselamatan

Menggunakan disiplin yang tepat tanpa kekerasan

Orang tua yang menerapkan praktik ini dapat membantu anak mereka tetap sehat, aman, dan sukses di banyak bidang — emosional, perilaku, kognitif, dan sosial. Baca lebih lanjut tentang laporan tersebut di sini.

Tips Mengasuh Anak yang Positif

Tonggak Perkembangan

Keterampilan seperti mengambil langkah pertama, tersenyum untuk pertama kalinya, dan melambaikan “bye-bye” disebut tonggak perkembangan. Anak-anak mencapai tonggak dalam cara mereka bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak (misalnya, merangkak dan berjalan).

Anak-anak berkembang dengan kecepatan mereka sendiri, jadi tidak mungkin untuk mengetahui dengan tepat kapan seorang anak akan mempelajari keterampilan tertentu. Namun, tonggak perkembangan memberikan gambaran umum tentang perubahan yang diharapkan seiring bertambahnya usia seorang anak.

Sebagai orang tua, Anda paling mengenal anak Anda. Jika anak Anda tidak mencapai tonggak sejarah untuk usianya, atau jika menurut Anda mungkin ada masalah dengan perkembangan anak Anda, bicarakan dengan dokter anak Anda dan sampaikan kekhawatiran Anda. Jangan menunggu.

Pemantauan dan Penyaringan Perkembangan

Orang tua, kakek nenek, pengasuh anak usia dini, dan pengasuh lainnya dapat berpartisipasi dalam pemantauan perkembangan, yang mengamati bagaimana anak Anda tumbuh dan berubah dari waktu ke waktu dan apakah anak Anda memenuhi tonggak perkembangan yang khas dalam bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *