Uncategorized

Cara Estimasi Biaya Bangun Rumah dengan Cara DIY

estimasi biaya bangun rumah

Renovasi rumah dalam berbagai ukuran adalah pekerjaan besar. Prosesnya sangat melelahkan, tetapi hasil dari renovasi tersebut bisa sangat berharga. Apakah Anda sedang merencanakan renovasi rumah sepenuhnya atau menyewa kontraktor untuk pekerjaan itu, ada banyak hal yang harus diatur sebelum memulai. Berikut adalah beberapa hal yang harus direncanakan di awal untuk membuat estimasi biaya bangun rumah atau renovasi DIY Anda semulus mungkin.

Tentukan Lingkup Pekerjaan dan Garis Waktu Anda

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menilai ruang lingkup renovasi Anda. Proyek apa yang akan Anda tangani? Apakah ini renovasi dapur atau perbaikan rumah yang lengkap? Perkirakan ukuran renovasi dan kemudian lakukan penelusuran di setiap ruang. Saat Anda berjalan, tuliskan semua yang perlu dilakukan di setiap ruangan. Mulai dari perbaikan dan pengecatan hingga memperbarui kabel listrik, perlengkapan, dan pencahayaan.

estimasi biaya bangun rumah
estimasi biaya bangun rumah

Setelah Anda mengetahui semua area yang ingin Anda tangani dalam renovasi rumah Anda, Anda dapat mulai membuat garis waktu kasar untuk setiap proyeknya. Sekarang adalah saat yang tepat untuk memikirkan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda melakukan renovasi total, Anda akan mengetahui bahwa pekerjaan saluran AC dilakukan terlebih dahulu, kemudian pipa ledeng, dan listrik terakhir, berdasarkan ukuran bahan yang sesuai di belakang dinding. Sekarang setelah Anda tahu apa yang ingin Anda lakukan. Dan sekarang saatnya untuk mencari tahu berapa anggaran untuk estimasi biaya bangun rumah.

Tetapkan Anggaran Anda

Setelah Anda memiliki daftar pekerjaan dan perkiraan kasar Anda, mulailah menyusun anggaran. Sekarang, jika Anda telah menetapkan anggaran karena jumlah yang telah Anda tabung, ini masih menjadi bagian penting dari proses. Sehingga Anda harus memastikan apa yang ingin Anda lakukan sesuai dengan anggaran Anda. Sejak Anda memulai dengan daftar pekerjaan Anda, seharusnya tidak terlalu sulit untuk menghapus beberapa hal agar lebih realistis dan sesuai dengan anggaran Anda.

Pastikan Anda memasukkan  semua yang Anda bisa ke dalam anggaran Anda. Itu termasuk biaya kontraktor, material, biaya inspeksi, sewa truk atau trailer untuk mengangkut, sewa alat, dll. Sangat membantu untuk pergi ke seluruh ruangan untuk menuliskan semua hal yang diperlukan. Termasuk stop kontak, penutup saklar lampu, dan perangkat keras pintu sampai ke barang-barang yang lebih besar seperti perlengkapan penerangan dan pipa. 

Jika Anda bekerja dengan kontraktor, Anda pasti ingin memahami materi apa yang mereka sediakan. Biasanya, mereka akan bertanggung jawab atas bahan bangunan apapun termasuk Semen Tiga Roda yang sangat kokoh karena mengandung MasterTech Formula. Tetapi Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memahami apa yang menjadi tanggung jawab Anda untuk membeli banyak sebelum membuat estimasi biaya bangun rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *