Kesehatan

Nutrisi Tubuh Agar Cepat Hamil

Agar cepat hamil

Memiliki momongan merupakan harapan setiap pasangan yang telah menikah. Agar cepat hamil, sebaiknya Anda dan pasangan mengkonsumsi vitamin dan nutrisi agar ibu segera mendapatkan kehamilan.

Apa yang Anda konsumsi tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Seringkali seseorang mengkonsumsi suplemen dikarenakan kondisi tertentu atau pasien tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup dari makanan saja.

Dalam kondisi tertentu, dokter bisa saja meresepkan beberapa suplemen untuk mendukung kesehatan Anda, sehingga proses kehamilan akan datang dengan segera. Beberapa suplemen yang biasanya diresepkan dokter diantaranya:

Agar cepat hamil
  • Asam Folat

Asam folat mungkin menjadi suplemen wajib bagi ibu hamil. American Pregnancy Association merekomendasikan 400 mikrogram bagi wanita di usia subur per harinya agar cepat hamil. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi, karena ia berperan membantu pembuatan sel darah merah.

Asam folat sangat baik dikonsumsi setidaknya satu bulan sebelum Anda dan pasangan merencanakan kehamilan. Bagi wanita, konsumsi asam folat dengan dosis tepat akan membantu mengurangi resiko komplikasi. Sedangkan pada pria, konsumsi asam folat akan membantu memperbaiki kualitas sperma. 

Dapatkan asam folat harian yang cukup dengan mengkonsumsi beberapa makanan, seperti buah-buahan sitrus, brokoli, alpukat, jagung, wortel, dan biji-bijian.

  • Kalsium

Wanita yang berencana hamil disarankan untuk mengambil 1000 mg kalsium per hari nya. Konsumsi kalsium tidak hanya baik untuk Kesehatan tulang dan gigi saja, namun konsumsi kalsium sangat baik untuk pertumbuhan otot, hati, dan saraf janin yang sehat.

Tubuh tidak mampu menghasilkan kalsium, sehingga untuk memenuhi kebutuhan harian harus didapatkan dari makanan maupun suplemen jika dibutuhkan dengan resep dokter. Konsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, yoghurt, keju, biji-bijian, dan lainnya.

  • Zat Besi

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kurang mendapatkan asupan zat besi bisa mengalami anovulasi (tidak terjadinya ovulasi). Kekurangan zat besi dalam tubuh juga dapat menyebabkan buruknya kualitas sel telur.

Kurangnya zat besi menyebabkan lemahnya sel telur dalam indung telur, sehingga tak dapat hidup. Terlebih, jika ibu memiliki anemia, maka bisa menyebabkan sel janin tidak membelah dan tumbuh dengan baik.

Pastikan menambahkan bayam, lentil, nasi putih, dan daging sapi ke dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan asupan harian zat besi yang cukup untuk tubuh.

  • Zinc

Tak hanya wanita saja yang banyak mengkonsumsi suplemen maupun vitamin penyubur kandungan. Ternyata kaum pria pun sangat perlu untuk mengkonsumsi suplemen khusus kesuburan jika diperlukan dan memiliki masalah terkait kesuburan. 

Salah satu suplemen yang dibutuhkan untuk kaum pria adalah zinc atau seng yang berperan meningkatkan kualitas sperma. Pria yang mengkonsumsi zinc cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang tinggi disertai meningkatnya jumlah sperma yang diproduksi.

Untuk zinc, tambahkan makanan berupa kerang-kerangan, daging merah, legum, susu, telur, biji-bijian, dan kentang ke dalam menu harian Anda. 

  • Coenzyme Q10

Suplemen ini juga hanya bisa didapatkan dari luar, yakni mengkonsumsi makanan maupun dalam bentuk suplemen atas rekomendasi dokter. Coenzym Q10 memiliki antioksidan yang berguna untuk membantu masalah Kesehatan, terutama kesuburan pria. Coenzym berguna untuk membantu meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan jumlah sel darah putih pada air mani. 

Itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat Anda dan pasangan merencanakan kehamilan. Setelah memenuhi semua nutrisi dan vitamin, jangan lupa perhatikan 8 Cara Agar Cepat Hamil Saat Berhubungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *