Kesehatan

Tips Bagi Ibu Untuk Menjaga Kehamilan Janin Kembar

Kehamilan bayi kembar merupakan hal yang cukup menggembirakan. Betapa tidak, sang ibu dalam sekali hamil akan langsung mendapatkan buah hati. Namun disisi lain, kondisi kehamilan janin kembar bisa memiliki efek yang lebih memberatkan bagi sang ibu. Hal ini dikarenakan ketika mengalami hamil kembar, sang ibu mengalami lonjakan hormon HCG yang lebih tinggi. Lalu bagaimanakah tips menjaga kehamilan bayi kembar agar terus sehat?

Tips menjaga kehamilan janin kembar agar bisa lahir dengan sehat dan kuat

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Makan makanan sehat bisa menjadi salah satu tips agar kondisi janin kembar bisa berkembang secara maksimal. Makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil adalah makanan yang mengandung berbagai jenis protein dan mineral, vitamin, zat besi, hingga berbagai kandungan lain yang baik bagi perkembangan janin.

Kondisi Janin
Kondisi Janin

2. Istirahat yang memadai

Ibu hamil yang mengalami kondisi janin bayi kembar juga disarankan untuk mendapatkan waktu istirahat yang memadai. Sang ibu tidak boleh terlalu lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kegiatan berat juga selayaknya dihindari karena sang ibu yang akan memiliki bayi kembar lebih rentan tubuhnya.

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan pada ibu hamil biasanya akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga berat badannya pada rentang berat yang ideal agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan. Kenaikan berat badan yang ideal untuk ibu hamil kembar adalah sekitar 17 kilogram hingga 25 kilogram.

4. Pergi ke dokter untuk melakukan check up rutin

Ibu hamil janin kembar biasanya lebih sering memiliki masalah daripada ibu yang sedang hamil biasa. Untuk itu, ibu hamil kembar disarankan untuk selalu memeriksakan kandungannya kepada dokter dengan intensitas yang rutin. Hal ini bertujuan agar dokter bisa segera memberikan penanganan jika sesuatu terjadi dengan janin kembar di dalam rahim ibu hamil.

Berbagai tips di atas sangat baik untuk diterapkan bagi ibu yang memiliki janin kembar. Apabila hal tersebut secara rutin diterapkan, maka dijamin kondisi janin kembar dalam rahim sang ibu selalu berada dalam kondisi yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *