umum

10 Cerita Keindahan Alam Indonesia  

cerita keindahan alam indonesia

Dengan lebih dari 17.000 pulau – mulai dari pulau yang dikelilingi pohon palem hingga sebagian besar Sumatera – keanekaragaman alam Indonesia dipamerkan di lebih dari 1,9 juta km persegi yang membentang di garis khatulistiwa dan membentang dari Samudra Hindia hingga Pasifik. Puncak gunung berapi muncul dari hutan yang rimbun, dunia bawah laut terungkap di lokasi menyelam terbaik di planet ini, dan satwa liar yang mengejutkan berkisar dari reptil raksasa hingga penghuni hutan yang lembut. Berikut adalah 10 cerita keindahan alam Indonesia yang wajib diketahui. 

  • Taman Nasional Komodo

Berjemur dan tandus, Komodo berdiri terpisah dari pulau-pulau lain di Indonesia yang lebih hijau, dan spesies pulau yang paling terkenal juga unik dan mengejutkan. Kadal terbesar di dunia dapat tumbuh hingga tiga meter, dan komodo sering terlihat berjalan lambat di sepanjang pantai oleh pengunjung yang tiba di kamp utama taman nasional di Loh Liang. Jalan-jalan dengan pemandu bersama staf taman nasional berlanjut selama 30 menit ke dasar sungai yang kering di dekat Banu Nggulung di mana biawak besar sering terlihat. Perjalanan perahu dua hari/satu malam ke Komodo berangkat dari Labuan Bajo di Flores terdekat, dan perjalanan sehari ke Rinca – tempat komodo juga berkeliaran – dimungkinkan dari Labuan Bajo.

  • Taman Nasional Tanjung Puting

Mengamati satwa liar dan petualangan sungai berpadu di taman seluas 4.150 km persegi di Kalimantan Tengah, bagian selatan Indonesia dari Kalimantan. Perahu sungai yang sederhana namun nyaman menyusuri Sungai Sekonyer, berhenti di tempat pemberian makan orangutan selama perjalanan tiga hari dalam perjalanan ke Camp Leakey, pusat rehabilitasi tempat orangutan yatim piatu dan bekas penangkaran dilatih untuk hidup di alam liar. Kehidupan burung bintang termasuk kingfisher yang melesat dan burung enggang agung sering terlihat di sepanjang tepi sungai, dan operator lokal termasuk Borneo Orangutan Adventure Tour dapat mengatur perjalanan pribadi di rumah perahu jati dua lantai khas Sekonyer yang dijuluki klotok.

  • Kepulauan Raja Ampat

Terpencil di dekat ujung barat laut Pulau Papua yang terbentang luas, perairan Raja Ampat yang tersebar menjadi tempat keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia. Di atas lautan yang tembus cahaya, bukit-bukit bundar yang diselimuti hutan tropis mengelilingi labirin teluk-teluk kecil yang padat dan pulau-pulau kecil yang sangat kecil, memberikan pengalihan luhur ke tontonan bawah laut. Pari manta dan hiu epaulette hanyut melalui pemandangan laut berwarna-warni dari karang murni, sementara kawanan barakuda dan ikan kakatua berpatroli di medan laut yang beragam yang diselingi dengan dinding, puncak, dan pegunungan bawah air. Snorkeling, kayak, dan mengamati burung adalah atraksi penting bagi non-penyelam, dan kapal pesiar live-aboard – seringkali dengan sekunar warisan gaya Bugis – adalah cara terbaik untuk menjelajahi Raja Ampat.

cerita keindahan alam indonesia
cerita keindahan alam indonesia
  • Gunung Bromo

Di negara yang dipenuhi dengan gunung berapi, keindahan surealis dan skala besar Gunung Bromo di Jawa adalah salah satu tontonan alam paling epik di Indonesia. Sebuah kawah yang luas – 10 km di seberang dan diciptakan oleh sejarah vulkanik kekerasan kaldera Tengger kuno – diselingi oleh puncak Bromo yang sering membara. Dataran abu dan pasir vulkanik yang luas membentang ke tebing kawah yang menjulang tinggi, dan puncak Kursi dan Batok di dekatnya berdiri sebagai teman yang menyeramkan bagi sebagian besar Bromo. Matahari terbit adalah saat kawah yang memenuhi cakrawala terlihat dalam kondisi terbaiknya, dan perjalanan 4WD berangkat dari kota terdekat Cemoro Lawang sekitar pukul 03:30 untuk menangkap lanskap terakota yang dipenuhi dengan setengah cahaya perunggu fajar Jawa.

  • Gunung Rinjani

Menjulang ke 3726m, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dan profil gunung yang megah mendominasi Lombok utara. Suci bagi orang Sasak Lombok dan bagi penduduk Hindu di dekat Bali, fitur terbaik Rinjani adalah danau biru kobalt berkilauan seluas 6 km yang mengelilingi kaldera besar di puncak. Menaklukkan Rinjani paling sering dicapai dalam perjalanan tiga hari/dua malam. Rudy Trekker di desa terdekat Senaru memiliki pemandu yang berpengalaman.

  • Danau Toba

Terletak di tengah puncak gunung berapi Sumatera utara pada ketinggian 1130m, Danau Toba meliputi kaldera gunung berapi super yang dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Perairan biru laut yang intens menutupi bentangan sepanjang 100 km, membingkai pulau berbentuk baji Pulau Samosir, rumah bagi orang Batak di kawasan itu. Jalanan yang sepi cocok untuk penggemar bersepeda di seluruh pulau dan di sepanjang tepi danau, menjadikan Toba favorit bagi para pelancong yang meluangkan waktu untuk menjelajahi bagian lain Indonesia.

  • Taman Nasional Kelimutu

Paling baik ditemukan saat matahari terbit setelah perjalanan minibus berkelok-kelok dari Moni di dekatnya, tiga danau vulkanik yang sangat berwarna duduk di puncak Kelimutu di pulau timur Flores. Dua dari danau kawah yang sangat dalam secara teratur berubah warna – didorong oleh pencucian mineral yang berbeda secara terus menerus – dan noda nila dari fajar Flores menerangi warna kontras mulai dari coklat dan oranye hingga hitam dan merah. Sementara itu, danau ketiga Kelimutu dipulas dengan warna pirus warna-warni, bersinar melalui setengah cahaya perlahan mengungkapkan lanskap bulan Kelimutu yang jarang.

  • Lembah Harau

Mudah dicapai dari kota pegunungan Sumatera Bukittinggi, Lembah Harau dibatasi oleh tebing kapur yang menjulang setinggi 100 meter dan dimeriahkan oleh air terjun Lemba Harau. Para pemanjat tebing merundingkan rute dengan hati-hati ke atas tebing, sementara jalan setapak berkelok-kelok melewati sawah hijau zamrud ke air terjun air terjun di lembah. Akomodasi homestay yang nyaman dengan gaya arsitektur orang Minangkabau Sumatera Barat terletak di tengah kolam teratai yang sejuk. Transportasi dan akomodasi untuk Lembah Harau dapat diatur dengan Lite ‘N’ Easy Tour di Bukittinggi.

  • Pulau Gunung Api Banda

Dengan profil berbentuk kerucut yang sempurna – menyerupai Gunung Fujiyama di Jepang, tetapi tingginya hanya 666m – puncak pulau kompak Gunung Api di Kepulauan Banda yang terpencil adalah salah satu gunung berapi paling indah di Indonesia. Lereng gunung berapi yang menantang dapat ditaklukkan dalam waktu sekitar tiga jam, waktu yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit Indonesia yang spektakuler lainnya. Di kemudian hari, aliran lahar terendam di lepas pantai utara Gunung Api memberikan kesempatan lain untuk snorkeling yang baik.

  • Pulau Menjangan

Terletak tak jauh dari ujung barat laut Bali, Pulau Menjangan (‘Pulau Rusa’) adalah salah satu lokasi yang paling mudah diakses di Indonesia bagi penyelam berpengalaman dan penggemar snorkeling yang suka berpetualang. Taman Nasional Bali Barat di sekitarnya memastikan perlindungan untuk dua belas lokasi penyelaman yang berbeda, dan perairan sebening kristal menampilkan dinding terjal, gua, dan drop off yang spektakuler. Karang yang luas dan kumpulan ikan tropis yang berubah bentuk menciptakan suasana bawah laut yang mirip dengan berenang di akuarium raksasa – tontonan laut yang dapat dicapai bahkan oleh perenang snorkel yang relatif pemula. Bagi penyelam berpengalaman, bangkai kapal Angker abad ke-19 yang menakjubkan terletak pada kedalaman yang menantang sekitar 50m.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *